Jadwal Pengambilan BST Tahap 7 Bulan Oktober Bagi Warga di Kecamatan Rumbai -- selengkapnya... Camat Rumbai, Koramil, Kapolek Gelar Aksi Pembagian 1000 Masker, Guna Memerangi Pandemi COVID-19 -- selengkapnya... Santi Setyaningsih Salah Satu Kandidat Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Asal Rumbai -- selengkapnya... Walikota Pekanbaru Siap Berlakukan PSBM Dalam Waktu Dekat. Apa itu PSBM? -- selengkapnya... "Kemerdekaan bukan tanda untuk berhenti berjuang, tapi tanda untuk berjuang lebih keras. Selamat ulang tahun ke-75 untuk rakyat Indonesia." Kementerian Dalam Negeri Setujui Pemekaran Rumbai Menjadi Tiga Kecamatan -- selengkapnya... Penyerahan Paket Sembako dan Paket Sekolah dari Rumah Yatim Pekanbaru -- selengkapnya... Pemaparan Capaian Kinerja Perangkat Daerah oleh Kepala Perangkat Daerah Kota Pekanbaru -- selengkapnya... Oblrolan Inovasi Aparatur Perangkat Daerah Kota Pekanbaru (SiAPP) LIVE on Instagram -- selengkapnya... Sekitar 800 keping e-KTP Kecamatan Rumbai bakal diantar lewat POS dan dikirim ke Kelurahan -- selengkapnya... Layanan Kartu Keluarga, e-KTP dan Akta Kelahiran/Kematian dilakukan secara Online, ini petunjuknya -- selengkapnya... Camat Rumbai Lewat Program Geser Seru Salurkan Bantuan Bagi Terdampak Covid-19 -- selengkapnya...

INFO TERKINI

Pemerintah Kota Pekanbaru Izinkan Penyelenggaraan Solat Idul Adha Tahun 1441 H / 2020

27 Juli 2020 07:47:32  Administrator  486 Kali Dibaca  Pemko

Pekanbaru terbitkan Surat Edaran penerapan salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban 1441 H/2020 bisa dilaksanakan di seluruh tempat mau di dalam mesjid atau lapangan tetapi dengan catatan disiplin dan menerapkan protokol kesehatan.

Panitia wajib senantiasa berkoordinasi dengan Pemko Pekanbaru lewat lembaga terpaut. Kecuali tempat yang dikira belum aman virus corona (Covid-19) oleh gugus tugas wilayah.

Ada pula beberapa poin penting dalam pesan edaran yang mempedomani surat edaran yang diterbitkan Menteri Agama Republik Indonesia No 18 Tahun 2020, tentang penyelengaraan salat Idul Adha serta penyembelihan hewan kurban mengarah warga produktif serta nyaman Covid-19, dan Peraturan Wali Kota Pekanbaru No 104 Tahun 2020, tentang Pedoman Perilaku Hidup Baru Warga Produktif serta Nyaman Dalam Penangkalan serta Pengendalian Corona Virus Disease 2019.

Dan mencermati Pesan Kepala Dinas Pertanian serta Perikanan Kota Pekanbaru No 524/ Distankan-Peternakan/441/ 2020, tentang penerapan kurban pada Hari Raya Idul Adha.

Penerapan salat idul adha serta penyembelihan hewan kurban wajib mempersiapkan petugas buat melaksanakan serta mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan di zona tempat penerapan.

Kedua, melaksanakan pembersihan serta disinfeksi di zona tempat penerapan serta Menghalangi jumlah pintu/jalan keluar masuk tempat penerapan guna mempermudah pelaksanaan serta pengawasan protokol kesehatan.

Sediakan sarana mencuci tangan, sabun, hand sanitizer dipintu/ jalan masuk serta keluar kemudian sediakan perlengkapan pengecek temperatur badan. Bila ditemui jamaah dengan temperatur lebih 37, 5 C tidak diperkenankan memasuki zona pelaksanaan.

Tidak mewadahi sumbangan ataupun sedekah jamaah dengan metode melaksanakan kotak, sebab berpindah- pindah tangan, yang mana rawan terhadap penularan penyakit.

Penyelenggara berikan imbauan kepada warga/ jamaah tentang protokol kesehatan tentang penerapan salat Idul Adha yang meliputi: Awal, jamaah dalam keadaan sehat. Bawa sajadah ataupun alas salat tiap- tiap. Memakai masker. Melindungi kebersihan tangan dengan cuci gunakan sabun ataupun hand sanitizer. Menjauhi kontak raga dengan bersalaman ataupun berpelukan. Melindungi jarak minimun 1 meter. Serta mengimbau supaya tidak melakukan salat Idul Adha untuk kanak- kanak serta masyarakat lanjut usia yang rentan tertular penyakit, dan orang dengan penyakit bawaan yang berbahaya besar terhadap Covid-19.

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru juga senantiasa mengizinkan pengurus Masjid buat penerapan salat Idul adha untuk diselenggarakan di masjid ataupun di lapangan akan Tetapi penerapan salat Idul Adha harus mempraktikkan protokol kesehatan dalam masa pandemi Covid-19 ini.

Wali Kota Pekanbaru Dokter H Firdaus, ST. MT menyebut, dikala ini Kota Pekanbaru kembali masuk dalam zona merah dengan angka rasio penyebaran 1, 2.

" Dari hasil dialog tadi dengan Forkopimda serta Kemenag, insya Allah kita senantiasa hendak membagikan izin buat salat Idul Adha," cerah Walikota, Senin.

Download Lampiran:
SE PENYELENGGARAAN SHOLAT IDUL ADHA DAN PENYEMBELIHAN HEWAN KURBAN 1441 H


Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Layanan Masyarakat Rumbai

    Silahkan datang ke-kecamatan untuk mendapatkan kode PIN Anda atau hubungi operator +6282384400377/WA

Arsip Artikel

Sinergi Program Rumbai

Vemi Herliza S.STP sebagai Camat Rumbai PNS Inspiratif Tahun 2020 mendapatkan Anugerah ASN PNS Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru Riau
Inovasi Lomak ngga bikin ribet kecamatan rumbai kota pekanbaru tahun 2020
Pekanbaru Wajib Masker di masa Pandemi covid-19
Juara 1 Lomba Evaluasi Kinerja Kecamatan Terbaik se Kota Pekanbaru
Aplikasi Lapor (layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat) Kecamatna rumbai kota pekanbaru

Agenda Kecamatan Rumbai

Galeri Kecamatan Rumbai

Info Media Sosial Rumbai

Komentar Terkini

Instagram Rumbai

Kabar Covid-19 Pekanbaru